Indahfashion Shop's Fan Box

GOOGLE TRANSLATE

Sunday 21 June 2009

Earn - Save - Spend, Kebiasaan Orang Kaya

Posted by: "Badroni Yuzirman"



Sumber web roniyuzirman. com 12 Desember 2006


Semoga bermanfaat.

------------ --------- --------- -----

Kebiasaan akan membentuk karakter kita. Setuju? Harus setuju. Soalnya
kata-kata ini saya dapat dari Stephen Covey. Kalau nggak setuju, silakan
protes ke Covey.

Saya nggak mau ngomongin soal Stephen Covey. Justru saya mau sharing
mengenai kebiasaan orang kaya yang saya dapat dari buku yang lagi getol saya
baca saat ini; Secrets of Self-Made Millionaire dari Adam
Khoo<http://adam- khoo.com/>
.

Sebenarnya kebiasaan ini sudah sering diulas oleh Robert Kiyosaki. Tapi Adam
Khoo membahasnya lagi dengan lebih jelas dan enak dibaca. Straight to the
point, nggak berputar-putar dan membingungkan seperti Kiyosaki.

Jadi, orang kaya itu menghabiskan uangnya (spend) dari penghasilan yang
diperolehnya dari investasi atau savingnya, bukan dari penghasilan bulanan.
Ini jelas beda dengan kebanyakan orang kelas menengah atau golongan miskin.

Golongan miskin, jelas tidak punya pilihan. Setelah earn, langsung spend
untuk kebutuhan sehari-harinya. Tidak ada peluang baginya untuk investasi
atau pun saving. Mereka hidup untuk survival aja. Tidak punya pilihan.

Golongan menengah, seperti kebanyakan kita punya kebiasaan earn - spend -
save. Memang ada saving,tapi itu cuma sedikit, setelah dipotong habis oleh
spend-nya yang besar. Jadi, sama aja. Dia nggak ke mana-mana. Berputar-putar
di situ-situ aja, seperti rat-race yang diistilahkan Kiyosaki. Nah,
kebanyakan dari golongan ini berupaya keras untuk menambah penghasilannya.
Tebak, apa yang mereka lakukan? Ya, bekerja lebih keras, lembur, cari
sampingan. Tapi, tetap aja, kalau kebiasaannya masih seperti itu, ya tetap
ada nggak keluar dari rat race.

Orang kaya punya kebiasaan yang jauh berbeda dibandingkan dua gologan yang
saya sebutkan di atas. Orang kaya tidak menghabiskan uang yang baru
didapatnya. Mereka memilih untuk memutarkannya dulu sebagai investasi yang
menghasilkan aset yang memberikan passive income baginya. Kemudian hasil
passive income itulah yang di-spend. As simple as that. Makanya orang kaya
makin kaya karena ini.

Saya yakin pembaca sudah banyak yang mengetahui konsep ini dari Robert
Kiyosaki. Tapi, apakah hal ini sudah kita praktekkan? Itulah masalahnya.
Tulisan ini sekaligus self-critic buat saya pribadi. Saya pun belum disiplin
menerapkan hal ini. Maka dari itu, saya menuliskan ini sekaligus untuk diri
saya pribadi. Mumpung menjelang akhir tahun, sekalian bikin resolusi
keuangan pribadi. Caranya? Mulai dari diri sendiri, mulai dari hal yang
kecil, mulai sekarang juga, kata Aa Gym. Setuju?

--
Wassalam,

Badroni Yuzirman


INDAH FASHION

ONLINE&OFFLINE SHOP
SALE MATERNITY/BIG SIZE& BREASTFEEDING CLOTHES/UNDERWEAR ,

BABY UNTIL 5 YEARS BRANDED (CUBITUS,ETC) CLOTHES
DRESS,WOMAN JEANS PANTS NEW&REASONABLE

SHIPPING AROUND THE WORLD
WEB , http://indahfashion.blogspot.com
e-mail:sweetye_indah@yahoo.com

Also visit, http://indahlifestyle-healthy.blogspot.com

http://indahmoney.blogspot.com

http://indaherbal.blogspot.com

http://indahcareer.blogspot.com



0 Comments:

Custom Search

DAFTAR ISI (CONTENT)