Indahfashion Shop's Fan Box

GOOGLE TRANSLATE

Thursday 11 June 2009

"BRAND IMAGE"

"BRAND IMAGE"
Posted by: "Junaedi Junaedi"


"Brand Image" sangat penting bagi kita yang bergerak di bidang bisnis, baik
kecil maupun besar. Apapun nama bisnis/usaha kita "brand image" sangatlah
penting kita bangun guna menciptakan loyalitas konsumen terhadap bisnis
kita, minimal bisnis kita dikenal baik oleh masyarakat/konsumen tersebut.

Dalam komunikasi pemasaran (Marketing Communication) , iklan dan promosi
mempunyai peran sangat penting dalam membangun suatu "brand image". Beriklan
dan promosi mempunya target "audiance" yang sangat luas, sehingga dalam
waktu singkat pesan yang ingin disampaikan tentang "brand image" akan lebih
diterima oleh masyarakat/konsumen . Dalam melakukan aktifitas bisnis tidak
mustahir kita sebagai pelaku bisnis akan melupakan yang namanya iklan dan
promosi, darimana konsumen akan tau barang jualan kita.

Sadar atau tidak dengan beriklan kita sedang membangun "brand image" tentang
bisnis/usha yang sedang kita jalankan. Ada beberapa contoh yang bisa kita
lakukan dalam mambangun sebuah "brand image":

1. Desain kemasan, termasuk tulisan/pesan yang ingin disampaikan.

2. Event, Promosi di toko, promosi di tempat umum dan kegiatan "below the
line" lainnya.

3. "Publik Relations" iklan yang bersifat tidak langsung.

4. Kegiatan-kegiatan sosial untuk komunitas atau "Corporate Social
Responsibility" (CSR)

5. "Customer Service" juga sangat berperan penting dalam membangun "brand
image", tugasnya adalah bagaimana cara menangani keluhan, masukan keonsumen
sebelum dan setelah terjadi transaksi.

6. Karyawan yang bekerja dibagian lini terdepan (front liners) apakah
sebagai penjual, kasir, resepsionis dll, sangat berperan penting dalam
membangun suatu "brand image" suatu perusahaan.

7. Personal branding juga ikut andil dalam pembentukan "brand image"
perusahaan, apalagi kita sebagai pelaku bisnis yang "one man show" juga
sekaligus menjadi sebagai kreator dari bisnis kita.

Baik buruknya dari semua jenis komunikasi di atas tergantung dari kegiatan
suatu perusahaan, semuanya dapat dikontrol/dikendali kan. Komplikasi justru
akan muncul dari kegiatan-kegiatan seputar "brand" oleh pihak lain yang
tidak bisa dikontrol oleh perusahaan (owner) misalnya komunikasi oleh
konsumen langsung.
Mereka bisa menyebarkan kepada "network"nya berita atau pengalaman yang
kurang menyenangkan yang mereka alami saat bertransaksi yang diwakili oleh
banyak hal termasuk pelayanan oleh "front liners" di perusahaan. Promosi
dari "mulut ke mulut" adalah salah satu jenis komunikasi/promosi yang sangat
efektif juga sangat berbahaya apabila itu menyangkut publisitas buruk.

Keberadaan inetrnet dari hari kehari yang makin booming dan hampir semua
orang terbiasa dengan yang satu ini. Di satu sisi sangat menguntungkan kita
sebagai pelaku bisnis tapi di sisi lain menjadi bumerang. Kecepatan
penyebaran berita bias berlipat-lipat hanya dalam satu klik. Mereka pengguna
internet bisa menuliskan pengalam bertrasaksi dengan "brand" dari sudut
pandang mana saja, tanpa bisa diatur-atur seperti halnya berhubungan dengan
tradisional media.

Jadi, pada dasarnya perusahaan (owner) perlu memperhatikan suatu elemen
komunikasi dalam bentuk apapun yang menghubungkan konsumen dengan "brand
image" perusahaan. Minimalkan kemungkinan terjadinya ketidak puasan
pelanggan/konsumen sehingga berita seputar "brand" selalu merupakan berita
baik. Denag demikian akan terjadi hubungan yang harmonis antara konsumen dan
perusahaan.

Mari kita bangun "brand image" tentang usaha/bisnis kita masing-masing
sesuai dengan kapasitas dan kemampuan kita. Saya yakin dengan terbentuknya
"brand image" yang baik dan kuat masyarakat/konsumen pun akan loyal terhadap
bisnis kita.

Terakhir yang ingin saya sampaikan disini adalah berdo'a dan berdo'a kepada
sang pencipta alam semesta karena berkat kehendakNyalah kita dan bisnis kita
lahir. Jadi manfaatkanlah karunia ini sebaik-baiknya, gunakan segala peluang
yang ada sesuai dengan kemampuan masing.

Semoga bermanfaat bagi teman khususnya bagi saya pribadi dan keluarga.

Salam sukses,

Junaedi

INDAH FASHION

ONLINE&OFFLINE SHOP
SALE MATERNITY/BIG SIZE& BREASTFEEDING CLOTHES/UNDERWEAR ,

BABY UNTIL 5 YEARS BRANDED (CUBITUS,ETC) CLOTHES
DRESS,WOMAN JEANS PANTS NEW&REASONABLE

SHIPPING AROUND THE WORLD
WEB , http://indahfashion.blogspot.com
e-mail:sweetye_indah@yahoo.com

Also visit, http://indahlifestyle-healthy.blogspot.com

http://indahmoney.blogspot.com

http://indaherbal.blogspot.com

http://indahcareer.blogspot.com


0 Comments:

Custom Search

DAFTAR ISI (CONTENT)