Indahfashion Shop's Fan Box

GOOGLE TRANSLATE

Thursday 9 July 2009

Tips bertransaksi dengan agent property

Tips bertransaksi dengan agent property

Menjual Property
Mungkin suatu hari anda ingin menjual rumah, entah karna ingin membeli rumah yang lebih besar karna jumlah anggota keluarga bertambah, menjual rumah warisan orangtua atau menjualnya karna keperluan mendesak seperti butuh modal atau untuk membayar hutang.


Dan salah satu cara cepat untuk memasarkan rumah adalah dengan menggunakan agen properti karna mereka memiliki database calon pembeli dan website untuk membantu memasarkan rumah kita. Sebelum anda menandatangani perjanjian kontrak dengan agency ada baiknya anda membaca dan mempelajarinya terlebih dahulu. Ada beberapa tipe dalam kontrak pemasaran dengan agen properti, antara lain :


* Open Listing
- Pemilik memasarkan propertinya melalui banyak agen
- Pemilik hanya membayar komisi kepada agen yang kliennya menjadi pembeli.

* Sole Agent/semi exclusive listing
- Pemilik memasarkan propertinya hanya kepada 1 agen.
- Pemilik juga memasarkan sendiri propertinya

* Exclusive Listing
- Pemilik membayarkan komisi kepada satu agen bila rumah terjual.
- Meskipun pembeli datang sendiri atau dibawa pihak lain.


Berikut isi surat kontrak pemasaran :

* Harga Jual
Skema pembayaran, waktu pengosongan, barang yang ditinggalkan dsb

* Masa Kontrak Pemasaran
dan apa yang dilakukan bila kontrak berakhir

* Komisi
Besar komisi, kapan komisi dibayar, ditahap yang mana dsb

* Lingkup tugas dan tanggung-jawab agen
Apasaja yang akan dilakukan agen dalam memasarkan properti

* Komisi agen biasanya berada di 3% - 5% dari nilai transaksi.
Komisi biasanya masih bisa di nego, apalagi jika nilai property anda tinggi.


Membeli Property
Transaksi jual beli property sering kali membuat kita bingung dan menyeramkan karna nilai nominalnya yang tinggi di mata masyarakat umum, tapi jika kita sering terjun kedunia ini kita akan jadi lebih mengerti kalau transaksi property tidak jauh beda ketika kita mau membeli makanan ataupun sayur buah dipasar traditional. Ada proses tawar menawar atau bahasa kerennya negosiasi.


Enaknya membeli melalui agent property, mereka memiliki database rumah, tanah, ruko, villa yang hendak dijual dengan range harga sekian sampai sekian dan diberbagai daerah. Bahkan jika dari listing yang mereka sediakan tidak membuat kita berminat, kita bisa "request". Seperti ini misalnya, "Pak, bisa tolong carikan rumah/tanah didaerah pinggir kota, masuk mobil dan kisaran harga 200juta kebawah ya". Mereka akan senang hati mencatat dan berusaha mencarikan permintaan kita. Karna dimata mereka, kita adalah "potential buyer".


Sayang sekali sampai saat ini entah kenapa image agent property disebagian masyarakat kurang baik, seperti ketika kita hendak membeli melalui mereka merasa harga yang ditawarkan terlalu tinggi, merasa repot ketika hendak tawar menawar karna tidak melalui penjual langsung, ada juga yang merasa takut ditipu dan berbagai komentar kurang baik lainnya.


Padahal, dari berbagai pengalaman bertransaksi dengan mereka, saya merasa sangat nyaman, mereka melayani kita bak tamu hotel yang lembut, ketika kita ingin melihat property yang hendak kita beli mereka siap sedia mengantarkan kita untuk melihatnya dan menjelaskan kondisi prroperty selengkap mungkin, lalu ketika kita serius untuk membeli-mereka akan mempertemukan kita dengan pihak penjual langsung untuk bernegoisasi sehingga tidak ada yang ditutup-tutupi.


Ada 1 hal lagi yang istimewa, ketika kita mau membeli property dengan proses KPR (Kredit Pemilikan Rumah) mereka dengan senang hati mengurus semua proses pengajuannya ke beberapa bank sampai berhasil. So, ngak repotkan


Selamat bertransaksi...
Referenece :Yudi Esaputra,web kmmtalasbogor.blogspot.com

INDAH FASHION

ONLINE&OFFLINE SHOP
SALE MATERNITY/BIG SIZE& BREASTFEEDING CLOTHES/UNDERWEAR ,

BABY UNTIL 5 YEARS BRANDED (CUBITUS,ETC) CLOTHES
DRESS,WOMAN JEANS PANTS NEW&REASONABLE

SHIPPING AROUND THE WORLD
WEB , http://indahfashion.blogspot.com
e-mail:sweetye_indah@yahoo.com

Also visit, http://indahlifestyle-healthy.blogspot.com

http://indahmoney.blogspot.com

http://indaherbal.blogspot.com

http://indahcareer.blogspot.com

http://indahbrand.blogspot.com


0 Comments:

Custom Search